Analisis Lingkungan Bisnis dan Struktur Industri Produsen Kendaraan Sport Utility Vehicle di Pasar Indonesia


Analisis Lingkungan Bisnis dan Struktur Industri Produsen Kendaraan Sport Utility Vehicle di Pasar Indonesia
Irfan Prarendra 1), Peggy Hariwan 2), Cut Irna Setiawati 3)
1,2,3) Administrsi Bisnis, Telkom University
Jl. Telekomunikasi No. 1 Ters. Buahbatu – Dayeuh Kolot

 Abstrak – Sejak pemerintah menerapkan liberalisasi kebijakan otomotif tahun 1999, industri otomotif di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan sehingga kompetisi meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya merek-merek asing yang masuk ke Indonesia. Penjualan mobil nasional terus meningkat hingga menembus angka 1.229.903 unit pada tahun 2013. Segmentasi produk di dalam industri otomotif didasarkan pada fungsi kendaraan yang terdiri dari mobil penumpang, mobil niaga, bus dan truk. Di dalam segmentasi mobil pemumpang, terdapat empat sub-segmentasi yaitu sedan, multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV) dan city car. Jenis SUV sendiri saat ini sedang berkembang dimana jumlah yang terjual hingga bulan Oktober 2013 sebanyak 57.446 unit. Sebagai segmen yang tergolong baru, karakteristik persaingan dalam pasar kendaraan SUV belum secara matang terbentuk seperti jenis kendaraan lainnya, sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lingkungan bisnis dan struktur industri produsen kendaraan pada segmen Sport Utility Vehicle. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan mengumpulkan data-data dari berbagai sumber sehingga hasil dari penelitian ini akan memberikan gambaran komprehensif mengenai lingkungan bisnis dan struktur industri produsen kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) di pasar Indonesia.

 Kata Kunci: analisis lingkungan bisnis, struktur industri otomotif, segmen Sport Utility Vehicle (SUV)

full paper


Leave a Reply